jump to navigation

Google Dictionary March 19, 2008

Posted by Angga in Internet.
trackback

Kali ini saya akan membahas mengenai google dictionary. Kebanyakan orang tidak sadar bahwa google adalah mesin pencari terhebat di dunia. Dengan kreativitas kombinasi keyword anda bisa mencari data, file, database, admin page dll. dan selanjutnya terserah anda … 😀
Banyak sekali website yang berguguran dengan memanfaatkan pencarian pada Google untuk menemukan targetnya. Seperti Worm Santy yang melakukan defacing secara massal dengan memanfaatkan Google. Dalam hitungan hari ribuan website tampilan utamanya berubah.
Tulisan ini dibuat untuk memahami bagaimana melakukan pencarian yang baik dengan menggunakan Google. Pada bagian akhir juga terdapat trik-trik dan keyword yang sering digunakan untuk melakukan pencarian file dan jugabagaimana mencari target dengan memanfaatkan Google.

Penggunaan Dasar
– Google tidak “case sensitive”. Keyword: linux = LINUX = LiNuX Akan menghasilkan hal yang sama

– AND: Secara Default Google menggunakan keyword and. Keyword: menjadi hacker Hasilnya pencarian akan mengandung kata “menjadi” dan “hacker”

– OR: Digunakan untuk menemukan halaman yang setidaknya berisi salah satu dari keyword. Note: OR dituliskan dengan huruf besar semua. Keyword: hacker OR cracker Hasilnya pencarian akan mengandung kata “hacker” atau “cracker”

– +: Google akan mengabaikan pencarian dengan kata-kata umum seperti “how” dan “where”. Jika kata-kata umum ini begitu penting, anda bisa menambahkan “+” didepan keyword tersebut. Keyword: hacker how ==> Kata “how” akan diabaikan Keyword: hacker +how ==> Kata “how” akan diikutsertakan

– -: Tanda minus “-” bisa digunakan untuk mengecualikan kata-kata tertentu dalam pencarian. Misal kita ingin mencari kata “linus tanpa linux”, kita bisa menggunakan “linus -linux”

– *: Google tidak mendukung pencarian * sebagai pengganti huruf. Misalkan kita ingin mencari dengan kata depan menja* Google tidak mencari kata “menjamu”, “menjadi”, “menjalar”, dll Google akan menghasilkan pencarian hanya yang mengandung kata “menja”. Tetapi google mendukung penggunaan * dalam pencarian kalimat. Keyword: “menjadi * hacker” Hasilnya pencarian dapat menghasilkan “menjadi seorang hacker”, “menjadi white hacker”, dll.

– “”: Dapat digunakan untuk mencari kata yg lengkap. Keyword: “menjadi hacker” Hasilnya pencarian akan mengandung kata “menjadi hacker”

– ?: Dapat digunakan untuk mencari pada direktori Google Keyword: ?intitle:index.of? mp3

Operator Spesial
Contoh hasil pencarian:

– intitle: Untuk mencari kata-kata dari judul suatu halaman web. Keyword: intitle:Admin Administrasi Keyword tersebut akan mencari judul halaman “Admin” dengan deskripsi “Administrasi”

– allintitle: Untuk mencari kata-kata dari judul halaman web secara lengkap. Keyword: allintitle:Admin Administrasi Keyword tersebut akan mencari judul halaman yang mengandung kata “Admin” dan “Administrasi”

– inurl: Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata tertentu. Keyword: inurl:Admin Administrasi Keyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata “Admin” dengan deskripsi “Administrasi”

– allinurl: Digunakan untuk mencari semua URL yang berisi kata-kata tertentu. Keyword: allinurl:Admin Administrasi Keyword tersebut akan mencari URL yang mengandung kata “Admin” dan “Administrasi”

– site: Untuk mencari dalam suatu situs tertentu saja Keyword: site:echo.or.id Semua pencarian hanya berdasarkan site “echo.or.id”

– cache: Ketika Googlebot mengindeks suatu situs, google akan mengambil snapshot dari semua halaman yang telah terindeks. Operator ini membantu melihat halaman-halaman yang telah dicache. Keyword: cache:echo.or.id Misalkan site aslinya sudah tidak aktif, anda tetap dapat melihatnya pada snapshot/cache yang disimpan oleh Google.

– define: Operator ini digunakan untuk mencari definisi dari frasa tertentu. Semua kata yang diketik setelah operator ini akan diperlakukan sebagai satu frasa. Keyword: define:hacker

– filetype: Jika kita mencari jenis file tertentu yang berisi informasi yang anda inginkan kita bisa menggunakan operator ini. Keyword: “hacker” filetype:pdf Sampai tulisan ini dibuat google support tipe file # Adobe Portable Document Format (pdf) # Adobe PostScript (ps) # Lotus 1-2-3 (wk1, wk2, wk3, wk4, wk5, wki, wks, wku) # Lotus WordPro (lwp) # MacWrite (mw) # Microsoft Excel (xls) # Microsoft PowerPoint (ppt) # Microsoft Word (doc) # Microsoft Works (wks, wps, wdb) # Microsoft Write (wri) # Rich Text Format (rtf) # Shockwave Flash (swf) # Text (ans, txt) Ref: http://www.google.com/help/faq_filetypes.html

– link: Untuk mencari tahu berapa banyak link ke suatu situs, kita bisa menggunakan operator link. Keyword: link:www.google.com

– related: Untuk mencari halaman yang isinya mirip dengan URL tertentu. Keyword: related:www.google.com

Referensi
[1] http://www.google.com/help/basics.html
[2] http://www.google.com/help/features.html
[3] http://www.google.com/help/refinesearch.html
[4] http://www.google.com/help/interpret.html
[5] http://johnny.ihackstuff.com/

Advertisements

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: